Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Widgets

Bisnis Rumah Sewa Harian Sendiri



Memiliki rumah atau property tak terpakai kadang membuat kita kepikiran, dan bangunan yang terpakai atau tidak ada penghuninya akan menjadi tidak terawat dan rusak, kusam, kotor. Menyewakan bangunan tersebut pada pihak lain akan juga menjadi solusi bangunan tersebut menjadi terawat melalui tangan penyewa.
Ada banyak cara menyewakan rumah atau property kita tersebut, bisa disewakan harian, mingguan, bulanan dan mungkin tahunan.
Untuk sewa harian dan mingguan secara otomatis diperlukan keterlibatan kita atau pemilik secara langsung untuk perawatan, sedangkan sewa bulanan dan tahunan, lebih banyak diserahkan pada penyewa.
Focus pada sewa harian dan mingguan, pemilik property wajib menyiapkan property/rumahnya dengan siap khususnya pada fasilitas kamar dengan sebaik mungkin. Keindahan dari sisi interior kamar serta kerapihan dan kebersihannya menjadi syarat guna menarik penyewa menjadi betah. Fasilitas lain seperti dapur lengkap dengan kompor dan peralatan masak, kulkas dan peralatan lain bisa juga untuk menambah fasilitas pelayanan lebih baik lagi.
Kamar tidur lengkap dengan AC atau kipas angin, susunan penataan tempat tidur dibuat ala hotel dengan warna-warna cerah ataupun putih. Tv sebagai sarana hiburan dilengkapi dengan channel tv yang cukup banyak, lokasi yang mudah dijangkau merupakan syarat mudahnya pemasaran rumah sewa harian anda.
Lantas gimana jika property agak kedalam? Ataupun didalam komplek perumahan? Jauh dari jalan raya umum?
Dalam hal ini anda bisa menyediakan transportasi yang akan menjemput dan mengantar tamu kemana pun tujuan tamu, karena itu bekerja sama dengan usaha transportasi sangat penting bagi usaha rumah sewaan anda. Ada ojek pangkalan, ada gojek, ada taksi on call, bahkan mungkin angkot.
Setiap tamu yang menggunakan fasilitas tersebut sebaiknya anda gratiskan dimana anda yang membayar biaya transportasi tersebut terlebih dahulu ( itu salah satu triknya ) dan setiap taksi, gojek, ojek pangkalan yang mengantar tamu anda beri tips atau fee, jadi selain membayarkan tamu untuk transportasi gratis juga ngasih tips… duh apa gak rugi?? Jelas gak… ini bagian dari bisnis sewaan anda dan mereka adalah partner anda yang secara biaya pemasaran jika diperhitungkan sebenarnya sangatlah murah.
Dirumah sewaan anda dimana agar pelayanan menjadi lebih baik, anda wajib menyediakan pekerja yang akan mengurus, mengontrol, operasional dan kebersihan property termasuk kamar tamu yang menginap. Sebagai housekeeping, pekerja tersebut akan setiap hari melakukan perawatan,membersihkan, menawarkan bantuan kepada anda dan tamu yang menginap agar pelayanan tersedia dan tamu tidak merasa sendiri atau ditinggal saat menginap di property anda.
Berikut adalah perkiraan pendapatan anda untuk rumah sewaan harian dengan harga minimal misalnya Rp. 150.000,-/hari.
Jika kamar yang tersedia sebanyak 3 kamar dan dihuni dalam sebulan minimal 15 hari,  maka ;
Pendapatan Rp. 150.000,- x 3        = Rp. 450.000,-/hari
Tersewa 15 hari x Rp. 450.000,-   = Rp. 6.750.000,-/bulan.
Biaya operasional lebih kurang      = Rp. 3.000.000,-
Pendapatan anda                             = Rp. 3.750.000,-

Dengan penghasilan itu anggaplah anda sudah merawat  rumah anda dari pada kosong tidak terawat, kondisi tersebut akan lebih baik karena juga mendatangkan penghasilan.
Selain kamar anda pun dapat melakukan atau mendatangkan penghasilan dari fasilitas lain dalam bisnis ini seperti penyediaan sarapan pagi, makan siang dan makan malam bagi tamu dengan harga tertentu, fasilitas cuci/laundry, transportasi pengantaran tamu, penjualan obat-obatan dan lain-lain.
Masih bingung? Mungkin saya bisa menjadi teman diskusi anda untuk merehab property anda. 

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →