TENTANG KAMI
Sebagai Konsultan, kami akan memberikan kemudahan kepada anda meliputi banyak hal baik dalam operasional, marketing, maintenance operational, pre-opening Hotel hingga desain restaurant maupun kamar Hotel. Kamipun akan membantu anda dalam pengurusan izin-izin Hotel yang meliputi SITU, SIU, TDP Hotel, hingga perizinan-perizinan yang diperlukan untuk keperluan spesifikasi jenis Bintang Hotel anda.
Pada kesempatan ini sedikit kami gambarkan ruang lingkup Tugas Hotel Konsultan adalah sebagai berikut:
- Teknikal Asisten during construction.
- Pre-Opening Management.
- Operasional Manajemen.
- Training / Pelatihan semua session.
1. Teknikal Asisten during construction.
Meliputi kegiatan-kegiatan Pengarahan dan Asistensi yaitu berupa Input / Masukan Lisan maupun Tertulis agar segala sesuatunya terencana dengan sebaik mungkin sesuai dengan Klasifikasi / Bintang yang diinginkan seperti Bintang 3, 4 atau 5.
Bidang-bidang yang akan diberikan pengarahan dan asistensi yaitu bidang Architecture, Interior-Design, Mechanical dan Electricakl, tata-ruang, layout, jumlah serta ukuran equipment yang dibutuhkan pada Publik Area, ruang kamar, kamar tamu, kantor management dan operasional, restaurant & bar, kitchen, gudang baik makanan minuman maupun material, house keeping, dan bidang-bidang lain selama konstruksi.
- Hotel Operating Equipment : Setiap Department pada Hotel memiliki Peralatan yang bersifat Spesifik, sehingga memerlukan Pemilihan dan Penentuan yang tepat seperti :
- Kamar Tamu : Single/Twin Bed, Curtain, Black-out, linen, dll.
- Restaurant & Bar : Glassware, chinaware ataupun silverware, linen, dll.
- Kitchen : Glassware, chinaware, linen, silverware, gas setup, peralatan dan equipment standart Hotel, dll.
- House Keeping : Vacumm equipment, mop, cleaning supplies, laundry chemical, guest supplies amenities, guest supplies compliment, dll.
- Front Office Dept : Trolley, Printing, greeting, audio for call driver & announcement, dll.
- Function room / meeting room : audio conference system, chairs & tables, screen, dll.
- Public Area : Rack display, asesoris, plant, painting, global clock,dll.
- Accounting & Cashier : Software yang sesuai dengan budget serta aman, struktur, organisasi awal operasional, desain report/laporan yang mudah dibaca, dll.
- Engineering : tools, dll.
- Personnel / HR / Security : Time-Keeping Machine, Staff Locker, Handy-Talkie dll.
- Guest Supplies/Amenities : Directory of Services, Room Service Menu, Stationeries, Soap, Shampoo, Shower-Cap dll (+ 30 items), dll.
Cukup banyak Forms dan Document yang harus disediakan oleh Hotel, yaitu disamping untuk keperluan Internal Office maupun Kebutuhan yang berkaitan dengan Tamu yang jenisnya mencapai lebih dari 100 macam, a.l :
- Front Office : Registration Card, Reservation Form,Guest Card, Guest Message, Luggage Tag, Guest Comment Miscellneous, dll.
- House Keeping : Guest Room Status, Rooms Inspection, HK Floor - Report, Lost & Found Report dll.
- Food & Beverage : Restaurant / Bar Check, Order Slip, Entertainment Chec, dll.
- Accounting & Finance : Daily Sales , Remmittance Envelope, House Fund Control, Front Office Cashier Report, guest ledger, adjustment form, , dll.
- Personnel/HR : Employee Attendance, Personnel Action Report, form penerimaan karyawan., dll.
- Engineering : Work Order, Maintenance form, card maintenance, dll.
2. PRE-OPENING MANAGEMENT.
Meliputi kegiatan-kegiatan koordinasi pada bidang – bidang sbb:
- Personnel & Training : Staffs Planning, Organizational Chart, Employee House Rules, Employee Working Agreement dll.
- Sales & Public Relation : Brochures, Rate Sheet, Sales Kits dll.
- Marketing Plan : Product Analysis, Rate Structur and Policy, dll.
- Accounting & Finance : Pre-Opening Budget, Billing System and Procedures, Cashiering, Credit Policy and Procedures, Inventory Control System, dll.
- Room Management : Reservation Policy and Procedure, check-in and check out Procedures, Room Sales Recapitulation, Handling VIP, Handling Compalin, handling group check in, dll.
- Food & Beverage Management : Menu Planning, Restaurant and bar Procedures, Banquet Procedures, F&B Cost Control dll.
- House Keeping Management : Effective Makin-up Bed Procedures, Guest Room Check-List Cleaning Procedures, Public Area Maintenance, Control of Circulation Bed Sheet, Linen, Towel dll.
- Engineering Management : Repair and maintenance Procedures, Saving Cost Energy System, Fire and Safety Policy and Procedures, dll
- Opening Ceremony : Pre-opening Budget, special event, invitation, dll.
3. OPERASIONAL MANAGEMEN
Meliputi kegiatan-kegiatan pada saat hotel Sudah beroperasi secara komesial, pada masa ini Hotel Konsultan akan berperan sebagai owner Representative yang bertugas untuk memonitor, mengevaluasi, menganalisa serta memberikan solusi atas hasil kerja dan kinerja Hotel Management operasional agar selalu optimal dan konsisten.
Adapun beberapa hasil yang akan dilaporkan pada management yaitu :
Analisa pada Monthly Statement ;
Adapun beberapa hasil yang akan dilaporkan pada management yaitu :
Analisa pada Monthly Statement ;
- Apakah revenue sudah diperoleh secara maximal ?
- Apakah cost dan expenses sudah ditekan seminimal mungkin tanpa mengurangi fasilitas untuk tamu?
- Apakah karyawan sudah bekerja sesuai dengan standart kerja yang diharapkan?
4.Training/ Pelatihan.
Pelatihan yang akan diberikan oleh pihak konsultan adalah pelatihan dasar yang diperlukan untuk menunjang operasional Hotel kedepannya, beberapa contoh pelatihan yang diberikan adalah :
- Train the trainer.
- Grooming & Appearance
- Telephone courtesy.
- Filing the document.
- English speaking basic.
- Greeting Standart.
- Personal hygiene.
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →