Kejahatan Yang sering terjadi dalam usaha Perhotelan dan penginapan sejenis
- Pencurian oleh tamu.
Ada banyak type
kejahatan atau pelanggaran hukum yang kerap terjadi, pencurian adalah salah
satu yang paling sering terjadi diusaha perhotelan maupun akomodasi sejenis
lainnya. Belakangan ini diKota Samarinda, rekan-rekan pengurus Hotel mengalami
kasus pencurian TV dikamar, kasus ini terjadi diberbagai tempat penginapan dan
hotel, bahkan ada satu tempat penginapan dimana kejadian terjadi lebih dari
sekali. Modusnya, si tamu check in meminta kamar tertentu, membawa barang
bawaannya layaknya tamu pada umumnya, beberapa saat kemudia, si tamu keluar
dengan berbagai alas an seperti mau ke laundry sebentar atau mau melakukan
kunjungan bisnis dengan menitipkan kunci seperti biasa, sebenarnya tamu
tersebut membawa barang keluar dari kamar, namun rata-rata untuk kasus yang
terjadi, pihak resepsionis ataupun karyawan yang melihat tidak menanyakan
barang apa yg dibawa tamu dari kamar, sehingga tamu tersebut dengan leluasa
keluar tanpa pemeriksaan. Lenyaplah TV lcd 32 inch. Waspadalah !!
Pada prinsipnya
setiap tamu masuk anda wajib peduli, menerapkan peraturan dengan semestinya
seperti menanyakan KTP tamu, konfirmasi no HP tamu apabila perlu lakukan sms
selamat dating pada no yang diberikan, mengecek apakah tamu membawa pasangan
atau teman dan menanyakan identitas si teman juga, karena hal itu masih
relative wajar mengingat perlunya untuk menghindari kejadian yang tidak
diinginkan. Pastikan tamu anda jelas alamatnya dan tujuannya dengan menyuruhnya
mengisi form yang anda siapkan. Dan sampaikan setiap kali keluar kamar dan
hotel agar menitipkan kunci kamar pada resepsionis untuk mengontrol keluar
masuknya kamar tersebut.
Pengecekan juga
bisa dibantu oleh bagian housekeeping yang membersihkan kamar, buat kondisi ini
sedisiplin mungkin dengan selalu menggerakan bagian atau staff yang ada.
Ingat, tamu anda
adalah orang luar yang membayar sejumlah uang untuk kamarnya saja, bukan
memiliki isi kamarnya juga, karenanya anda juga harus peduli dengan situasi
yang mungkin bisa merugikan anda dengan cara menerapkan peraturan-peraturan
yang win-win solution dan tidak merugikan kedua belah pihak.
- Judi & Narkoba.
Menjadikan kamar
hotel sebagai tempat judi dan narkoba sering dilakukan tamu , mereka yang
merasa tidak aman di rumah atau tempat mereka tinggal biasanya memanfaatkan
kamar hotel dan biasanya juga menggunakan kamar yang berbeda-beda setiap kali
check in.
Mereka melakukan
kegiatan ini secara diam-diam tanpa diketahui manajemen hotel. Apa yang mereka
lakukan adalah pelanggaran hokum yang tidak perlu anda lindungi ataupun tutupi
jika suatu saat ketahuan oleh tim anda. Anda bisa melaporkan kejadian ini
dengan pihak berwajib dengan permintaan khusus misalnya tanpa diketahui bahwa
andalah yang melaporkan.
Selain itu
buatlah peraturan pada saat tamu check in yang bisa dibaca setiap tamu mengenai
pelarangan tentang hal ini, dan intinya anda meminta atau melarang menggunakan
kamar untuk sesuatu yang melanggar hokum seperti judi dan penggunaan narkoba.
- Pencurian oleh karyawan.
Karyawan adalah
asset, tanpa karyawan, hotel ataupun penginapan kita tidak akan bisa berjalan.
Dari karyawan kita bisa mendapatkan hasil yang terbaik yang kita harapkan dari
property kita, karena itu carilah atau pilihlah karyawan yang benar-benar bisa
dipercaya dan jujur juga terampil dalam pekerjaannya.
Memilih karyawan
merupakan seni dalam mencari sumber daya manusia ( sdm ), adakalanya property
kita semakin maju ketika kita memilih karyawan dengan tepat namun ada juga
sebaliknya.
Namun bagaimana
jika karyawan kita melakukan pelanggaran hukum seperti mencuri? Ayng jelas
jangan terburu-buru melakukan pengambilan keputusan, penyebab kejadia tersebut
haruslah jelas karena biar bagaimanapun seorang karyawan memiliki jasa kepada
kita sehingga memperlakukan kejadian ini termasuk kejadian luar biasa dimana
kebijakan yang kita buat harus benar dan bijaksana karena suatu kejadian
terjadi ada dasar sebab akibatnya.
Serahkan
permasalahan pada tim security anda untuk membuat berita acar dengan
sejelasnya, untuk itu setiap security harus memiliki kemampuan membuat berita
acara dan melakukan introgasi standart kepolisian. Pelajari berita acara
pemeriksaan tersebut dengan seksama, lakukan pertemuan dengan security anda
untuk mendapat masukan mengenai keputusan yang anda ambil. Selanjutnya apabila
yakin baru buatlah keputusan secara bijaksana, apakah karyawan dimaafkan dan
dimutasi ke posisi lain atau diPHK.
Tetap ucapkan
terima kasih atas jasanya selama ini, karena hal ini dapat membantu dia untuk
bisa intropeksi diri menjadi lebih baik. Kondisi ini juga berlaku bagi manager
anda, dan untuk itu anda juga bisa mengikuti asuransi yang pernah saya tulis
pada halaman lain blog ini.
- Perselingkuhan.
Hotel kerapkali
dijadikan tempat berzina dan perselingkuhan, kelakuan ini dilakukan oleh tamu
yang memang bertujuan untuk itu, tindakan tersebut merupakan juga tindakan
melawan hukum seperti judi dan narkoba.
Untuk situasi
seperti ini, sama halnya pada narkoba dan judi, buatlah peraturan yang dapat
dilihat atau dibaca oleh tamu pada saat check in, secara norma, anda sudah
berusaha mengingatkan orang lain untuk tidak melakukan tindakan melawan hukum
dengan menggunakan property anda untuk tindakan tersebut, dan anda tidak
bertanggung jawab jika kegiatan tamu tersebut berurusan dengan hukum.
- Perusakan barang/asset/pecah belah oleh tamu.
Adakalanya dalam
operasional, seorang tamu memecahkan atau merusak asset yang kita miliki baik
disengaja ataupun tidak. Tindakan yang berakibat rusaknya asset kita karena
tamu tetap masuk dalam kategori umum mengenai lalai atau kurang hati-hati akan
sesuatu, apa pun barangnya baik itu tanaman, pecahbelah, barang elektronik,
pagar tanaman diluar, pintu dan lain sebagainya.
Lantas apakah
yang harus anda lakukan? Pertama buat bukti dengan memphoto barang-barang yang
rusak dan pastikan tidak bisa digunakan lagi, anda juga bisa membuat berita
acara dengan mengintrogasi saksi saja dalam hal ini karyawan yang melihat
kejadian. Ajukan permintaan penggantian dengan mengajukan bill sesuai dengan
harga penggantian kepada tamu.
Tamu bisa
langsung membayar tunai ataupun charge to room. Barang yang rusak bisa disimpan
atau serahkan kepada tamu jika diminta.
Demikian.
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →