Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Widgets

Guest House = @t Home Hotel



Guest house adalah suatu tempat menginap yang disediakan bagi tamu-tamu pemilik rumah dimana bangunan ini bisa tersendiri ataupun menyatu dengan sipemilik rumah. Ada juga dimana pemilik rumah menyediakan atau menyiapkan kamar tersendiri bagi tamu-tamu yang dalam kondisi tertentu menginap dirumah sipemilik rumah, salah satu contohnya jika pemilik rumah mendapat kunjungan dari keluarga jauh, saudara dan lain-lain yang kemudian menginap.
Bagi perusahaan-perusahaan yang dalam setiap bulannya sering menerima tamu dari luar baik dalam rangka kunjungan kerja dan lain-lain, memiliki guest house sangat menghemat karena akan mengurangi pengeluaran untuk biaya akomodasi jika tamu-tamu mereka di inapkan diHotel.
Saat ini banyak bermunculan guesthouse dalam bentuk komersil atau guest house yang dibuat dimana kamar-kamar yang tersedia untuk dijual kepada masyarakat umum, kamar yang tersedia bermacam-macam dengan di hias dengan interior yang menarik sehingga nyaris bahkan sama dengan fasilitas Hotel berbintang bahkan harga pun bisa dibilang menyaingi harga kamar Hotel.
Karena “guestHouse” yang saat ini secara komersil menjadi “Hotel at Home” tentu saja secara perlahan namun pasti Guest House menjadi Thread atau ancaman secara bisnis bagi Hotel yang disekitar terdapat “GuestHouse” atau sebaliknya.
Terlepas dari itu semua ada 2 konsep yang saat ini diterapkan dalam operasional Hotel pada umumnya yang bisa diterapkan pada usaha GuestHouse.

1.       Konvensional.
2.       Syariah.

Kosep konvensional yaitu konsep umum dimana Hotel menjual Hotel berserta fasilitasnya kepada masyarakat umum dengan membayar sejumlah uang sebagai biaya pengganti fasilitas yang digunakan oleh tamu tanpa batasan tertentu.
Konsep syariah yaitu konsep yang diterapkan dengan berlandaskan syariah Islam dimana tamu-tamu yang menginap harus wajib sesuai dengan kaidah yang diterapkan dalam syariah islam, namun secara umum, tamu-tamu juga bebas memanfaatkan semua fasilitas yang terdapat diHotel ataupun Guest House. Dan untuk melengkapi konsep syariah ini, pemilik bisa mengajukan sertifikat Halal ke Majelis Ulama Indonesia sebagai syarat untuk memenuhi Konsep syariah Hotel/GuestHouse.
Penulis pernah menyusun ketentuan-ketentuan sebuah hotel menjadi syariah jika melaksanakan konsep Hotel Syariah seperti pada tulisan tersebut, konsep ini juga bisa diterapkan pada Guest House anda, dan dijalankan dengan penuh komitmen.
GuestHouse saat ini bisa dikatakan sebagai bentuk mini dari usaha Hotel, karenanya dalam opersional secara profesional, sebuah Guest House bisa dilengkapi dengan struktur Organisasi yang terdiri Manajer GuestHouse, RoomBoy/Roommaid, Cook, waiter/tress, gardener/tukang kebun, houseman/public area, accounting/bagian pencatatan. Jumlah staf tergantung dari jumlah kamar yang tersedia, untuk roomboy/roommaid pada hotel biasanya 1 roomboy/maid menangani 15 – 20 kamar, jika kamar guest anda sampai dengan 20 kamar, anda bisa menyediakan roomboy/maid sebanyak 2 orang ( bisa lebih ) sementara staff yang lain ( Cook, gardener, public area, accounting ) bisa satu-satu.
Untuk perawatan mesin-mesin, elektrikal, anda bisa manfaatkan dari luar/outsorching baik itu perawatan AC, TV/Kipas angin, dan lain-lain.
Untuk keamanan anda juga bisa memanfaatkan dari pihak luar, karena cenderung GuestHouse Berada suatu area kampung umum, keamanan terpadu bisa anda manfaatkan dengan membayar lebih untuk keamanan yang biasanya dikelola oleh RT atau Ketua kerukunan suatu wilayah. Tetapi jika tidak menutup kemungkinan sebaiknya anda membayar tenaga keamanan sendiri.
Ada banyak type kamar yang bisa anda contoh dan terapkan di Guest yang anda miliki, menerapkan secara penuh fasilitas yang terdapat pada Hotel berbintang kepada kamar anda juga merupkan hak anda, misalnya, kamar tersedia Tv dengan  puluhan channel, tempat tidur yang nyaman, kamar mandi tersedia air panas dan dingin, kulkas, telp, dan lain-lain. Tentunya anda akan menyesuaikan harga dengan fasilitas yang ada dikamar tersebut.
Tamu lebih nyaman jika memiliki kamar mandi sendiri didalam kamarnya, namun jika terlanjur tersedia kamar mandi yang sharing atau bergantian dengan melik kamar yang lain, sebaiknya anda membuat peraturan yang harus dihormati oleh sesama tamu anda, misalnya tidak diperkenankan keluar kamar mandi hanya dengan menggunakan handuk saja, membawa sendiri peralatan mandi masing-masing, tidak membuang sisa-sisa sampah mandi dengan sembarangan dikamar mandi, menyadari pentingnya mengatur lama waktu bagi masing-masing pengguna untuk menghormati pengguna lain.

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →